Skip to main content

Istilah-Istilah dalam Fantasy Premier League




ISTILAH
KETERANGAN
- A -
ARS
Arsenal
- B -
Bandwagon
Mengacu pada keadaan di mana seorang pemain dibeli oleh banyak manajer karena tampil bagus dalam GW sebelumnya.
Bargain
Pemain dengan potensi FPL bagus, namun harganya murah tergolong untuk kualitasnya.
Bavies
Ben Davies. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan Tom Davies (Everton).
BB
Bench Boost. Chip yang bila diaktifkan akan ikut menghitung poin seluruh pemain yang ada di bangku cadangan.
Bench fodder
Pemain berharga 4.0 atau 4.5 yang dimasukkan dalam tim dengan tujuan memberikan bujet lebih untuk membangun tim. Umumnya pemain ini jarang dipasang sebagai starter atau hanya menjadi cadangan mati di tim.
Bench warmer
Sama seperti Bench fodder.
BGW
Blank Gameweek. Merupakan pekan di mana suatu tim tidak bermain karena mengalami perubahan jadwal. Perubahan jadwal bisa disebabkan oleh tabrakan jadwal dengan FA/EFL Cup, cuaca, atau kondisi-kondisi tertentu yang bersifat tidak bisa dihindari.
BHA
Brighton & Hove Albion
Bilva
Bernardo Silva. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan David Silva (Manchester City).
Bonus
Hasil dari penghitungan BPS. Pemain dengan total BPS paling   tinggi dalam sebuah pertandingan akan diberi 3 bonus poin, kedua tertinggi diberi 2, dan ketiga tertinggi 1.
BOU
Bournemouth
BPS
Bonus Points System. Merupakan sistem penghitungan yang digunakan Official FPL untuk menentukan bonus poin. Poin BPS dihitung berdasarkan aksi-aksi tertentu yang dilakukan masing-masing pemain.
BUR
Burnley
- C -
C
Captain. Captain bisa berpindah ke pemain yang dipilih sebagai Vice Captain jika tidak bermain sama sekali dalam GW tersebut.
CAR
Cardiff City
Casual
Manajer yang tidak membuang banyak waktu untuk menganalisis statistik ataupun mencari info-info lebih mendalam untuk mengurus timnya.
CHE
Chelsea
Chip
Alat bantu atau pendukung (booster) yang bisa digunakan para manajer untuk memaksimalkan poin. Sifatnya hanya bisa dipakai sekali dalam satu musim, kecuali WC yang tersedia dua kali. Total ada empat jenis   chip, yaitu Triple Captain, Bench Boost, Free Hit, dan Wildcard. Dalam satu GW, Anda hanya diperkenankan untuk menggunakan satu chip.
CPL
Crystal Palace
CRY
Sama seperti CPL.
CS
Clean Sheet. Mengacu pada nirgol atau tidak kebobolan. Pemain yang bermain selama minimal 60 menit dan tidak kebobolan akan mendapatkan 4 poin (jika berposisi sebagai GK/DEF) dan 1 poin (jika MID). FOR tidak mendapatkan poin CS.
Cup
Kompetisi berbeda milik Official FPL yang umumnya dimulai pada GW 17 atau 18. Kompetisi menggunakan format gugur. Pemain yang bisa berpartisipasi di ronde pertama Cup adalah 2 juta orang (jumlahnya berbeda-beda tiap musim) pencetak poin tertinggi di GW sebelumnya. Jadi misal Cup dimulai pada GW 17, maka penentuan poin untuk bisa berpartisipasi di ronde pertama berdasarkan poin di GW 16.
- D -
DCL
Dominic Calvert-Lewin
DDG
David De Gea
Dead team
Tim yang lama tidak atau lupa diurus oleh manajernya.
DEF
Defender atau bek.
DGW
Double Gameweek. Merupakan pekan di mana ada satu atau lebih tim yang bermain sebanyak dua kali dalam satu GW karena ada perubahan jadwal. Perubahan jadwal bisa disebabkan oleh tabrakan jadwal dengan FA/EFL Cup, cuaca, atau kondisi-kondisi tertentu yang bersifat tidak bisa dihindari.
Differential
Umumnya digunakan untuk menggambarkan pemain yang memiliki persen kepemilikan yang rendah di FPL. Meskipun demikian, dalam beberapa kondisi, kata ini juga sering digunakan untuk pemain yang jarang dipilih dalam suatu liga privat atau kalangan peringkat tertentu.
Dilva
David Silva. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan Bernardo Silva (Manchester City).
- E -
Enabler
Pemain, bisa bargain atau bench fodder, yang berguna buat menghemat bujet manajer dan mengalokasikan sisa bujetnya untuk memperkuat posisi lain di tim.
EVE
Everton
- F -
Fab
Lukasz Fabianski
FF
Fantasy Football
FH
Free Hit. Chip yang memiliki fungsi sama seperti Wildcard, tapi hanya memiliki efek selama satu GW. Setelah satu GW, komposisi tim akan kembali seperti sebelum GW sebelum FH diaktifkan.
FOR
Forward atau penyerang.
FPL
Fantasy Premier League
FT
Free Transfer. Setiap GW Anda mendapatkan satu FT yang bisa ditabung maksimal sebanyak dua jika tidak digunakan.
FUL
Fulham
- G -
Ghost ship
Sama seperti Dead team.
Ghost team
Sama seperti Dead team.
GK
Goalkeeper atau kiper.
GW
Gameweek
- H -
H2H
Head to Head. Berbeda dengan liga Classic yang murni didasarkan poin, poin Anda dalam satu GW akan diadu dengan manajer-manajer yang berbeda tiap GW-nya di liga H2H yang diikuti. Bila poin Anda lebih tinggi alias menang, maka Anda mendapatkan 3 poin. Bila seri 1 poin dan kalah 0 poin.
Heavy hitter
Pemain mahal yang terbilang konsisten atau berpotensi besar untuk mencetak poin setiap pekannya, misal Harry Kane dan Mohamed Salah di musim 2017/2018 atau Alexis Sanchez dan Eden Hazard di musim 2016/2017.
HUD
Huddersfield Town
- I -
ITB
In The Bank atau sisa bujet yang tersedia.
- J -
JWP
James Ward-Prowse
- K -
Kaku
Romelu Lukaku
KDB
Kevin De Bruyne
- L -
LEI
Leicester City
LIV
Liverpool
- M -
MCI
Manchester City
MID
Midfielder atau gelandang.
Mini league
Mengacu pada liga privat yang bisa diciptakan sendiri atau Anda ikuti dengan memasukkan kode liga.
ML
Sama seperti Mini league.
MUN
Manchester United
- N -
Nailed
Pemain yang terjamin jadi starter jika bugar.
NEW
Newcastle United
- O -
OOP
Out of Position. Ditujukan untuk pemain yang posisi bermainnya di lapangan berbeda dengan di FPL. Misal Arnautovic di musim 2017/2018 yang sering dimainkan sebagai striker, padahal posisinya di FPL adalah MID.
OR
Overall Rank. Merupakan peringkat Anda secara global atau dibandingkan dengan seluruh pemain di FPL.
Ownership
Tingkat kepemilikan atau jumlah manajer yang memiliki pemain yang bersangkutan. Biasa juga ditulis % ownership.
- P -
PPG
Points per game.
PPM
Points per minute.
Punt
Pertaruhan (gambling). Umumnya ditujukan pada pemain pembeda atau differential.
PVA
Patrick Van Aanholt
- R -
RLC
Ruben Loftus-Cheek
RMT
Rate My Team. Ditujukan untuk meminta pendapat manajer lain mengenai timnya.
- S -
Set piece
Situasi bola mati, seperti tendangan bebas, tendangan sudut, dan tendangan penalti.
Set-and-forget
Strategi atau pendekatan di mana seorang manajer memilih pemain, kapten, atau menyusun pemain tanpa mempertimbangkan lebih lanjut. Contoh: Memilih Mohamed Salah sebagai kapten di musim 2017/2018 merupakan strategi set-and-forget.
SGW
Single Gameweek. Merupakan pekan di mana suatu tim hanya bermain satu kali, meski sedang berada dalam DGW.
SOU
Southampton
- T -
TAA
Trent Alexander-Arnold
TC
Triple Captain. Chip yang bila diaktifkan akan membuat poin kapten yang dimiliki dikali tiga, bukan dua pada normalnya.
TOT
Tottenham Hotspur
TSB
Team selected by. Sama seperti Ownership.
- V -
VC
Vice Captain. Vice Captain bisa menjadi Captain jika pemain yang dipilih sebagai Captain tidak bermain sama sekali dalam GW tersebut.
VVD
Virgil Van Dijk
- W -
WAT
Watford
Watchlist
Daftar pemain yang diincar.
WC
Wildcard. Setiap musim, masing-masing manajer diberikan dua wildcard. Satu untuk paruh pertama, satu untuk paruh kedua musim. Ketika diaktifkan, Anda bisa melakukan transfer tanpa batas selama satu jendela transfer GW. Wildcard sendiri dikategorikan sebagai chip, jadi tidak bisa digunakan bersama dengan TC, BB, atau FH.
WHU
West Ham United
WOL
Wolverhampton Wanderers

Daftar istilah di atas masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, segala masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan daftar ini sangat penulis harapkan. 🙏

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penggunaan Fixture Difficulty Ranking untuk Memilih Klub dengan Jadwal Bersahabat di Awal Musim

Memilih pemain dari klub-klub dengan jadwal yang bersahabat bisa menjadi strategi sendiri bagi para manajer dalam memainkan Fantasy Premier League (FPL). Logikanya, pemain-pemain dengan jadwal tanding yang lebih ringan memiliki potensi lebih besar untuk mencetak gol, asis, ataupun clean sheet. Salah satu cara untuk menentukan apakah seorang pemain memiliki jadwal yang bersahabat atau tidak adalah dengan melihat Fixture Difficulty Ranking atau yang biasa disingkat FDR. FDR sendiri merupakan gambaran langsung dari tingkat kesulitan jadwal tanding masing-masing klub. Ini didasarkan pada algoritma kompleks yang menganalisis dan mengombinasikan statistik performa dari masing-masing tim, baik dalam pertandingan kandang maupun tandang. FDR bisa dilihat saat kita membuka layar informasi pemain mana pun dan mengecek jadwal pertandingannya seperti berikut: FDR menggunakan skala 1 hingga 5 untuk menunjukkan tingkat kesulitan, dengan angka 1 sebagai tingkat kesulitan terendah dan 5 sebagai tingk

Apa Sih Bedanya Official Fantasy Bundesliga dengan Fantasy Premier League?

Hampir seluruh liga sepak bola di Eropa kini memiliki permainan sepak bola fantasi, tak terkecuali Bundesliga. Kompetisi utama sepak bola Jerman ini memiliki permainan sepak bola fantasi resmi bernama Official Fantasy Bundesliga—biasa disingkat BL Fantasy—yang telah memasuki musim ketiganya. Secara garis besar, BL Fantasy bisa dibilang sama dengan sang saudara tua, Fantasy Premier League (FPL). Kita harus membentuk sebuah tim berisikan 15 pemain, yang terdiri dari 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang, dan 3 penyerang, dengan bujet yang disediakan. Kendati demikian, jika ditelisik lebih mendalam, keduanya ternyata memiliki banyak fitur yang berbeda. Apa sajakah itu? Mari kita lihat satu per satu. 1. Sistem Penghitungan Poin BL Fantasy memiliki sistem penghitungan poin yang lebih kompleks daripada FPL. Tidak hanya berdasarkan gol, asis, atau clean sheet , statistik-statistik pemain yang lain seperti percobaan tembakan, umpan kunci, dan duel juga ikut dihitung di BL Fantasy.