Skip to main content

Apa yang Terjadi - Gameweek 11 (Musim 2017/2018)


Dua big match, dua hasil yang berbeda bagi dua klub asal London. Chelsea berhasil meraih kemenangan ketujuhnya musim ini usai menang 1-0 dari Manchester United di Stamford Bridge. 

Pemain baru mereka, Alvaro Morata, menjadi pahlawan dalam pertandingan tersebut. Sundulan terarahnya di menit ke-55 membuat David De Gea hanya terpaku diam menyaksikan gawangnya kebobolan untuk kelima kalinya di Liga Inggris musim ini.

Klub London biru itu pun semakin memperkuat dominasi mereka atas Manchester United. Bermain di depan publiknya sendiri, Chelsea tidak pernah kalah dari The Red Devils dalam delapan pertemuan terakhir.

Sementara di pertandingan sebelumnya, Arsenal gagal menahan laju Manchester City setelah kalah 3-1 di Etihad Stadium. Tiga gol dari Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, dan Gabriel Jesus membuat klub London merah itu harus turun satu posisi ke peringkat keenam di papan klasemen sementara Liga Inggris.

Hasil ini pun semakin memperpanjang catatan buruk mereka saat bermain tandang. Dari enam pertandingan tandang yang telah dijalani. armada Arsene Wenger baru meraih empat poin dari hasil sekali menang, sekali imbang, dan empat kali kalah.

Lalu, bagaimana dengan FPL Makmur? Apa saja yang terjadi di GW 11 ini?

Penghuni Baru Puncak Klasemen

Catatan empat pekan duduk di puncak klasemen milik Aldo harus berhenti di pekan ini. Dirinya harus rela menyerahkan posisinya tersebut pada pesaing terdekatnya, Brian, yang tampil memukau di pekan ini dengan meraih poin tertinggi, yaitu 73 poin.

Penampilan kolektif menjadi kunci keberhasilan Brian dalam merebut pole position di pekan ini. Tidak hanya kaptennya, Sergio Aguero, yang tampil moncer dengan raihan 16 poin, enam dari sebelas pemainnya juga sukses mencatatkan lebih dari tujuh poin.

Selain berpeluang menjadi juara liga di musim ini, Brian pun terus bersaing ketat dengan Curut dalam perebutan gelar Pemain Terbaik musim ini. Total sudah dua gelar Pencetak Poin Tertinggi per pekannya yang diperolehnya sejauh ini atau hanya berjarak satu gelar dari yang dimiliki Curut.

Stagnasi Papan Klasemen 

Tidak seperti pekan-pekan sebelumnya yang penuh dengan pergejolakan di papan klasemen, pekan ini bisa dibilang benar-benar sepi. Tercatat hanya ada dua pergerakan yang teradi di papan klasemen.

Selain Aldo dan Brian yang bertukar posisi di posisi puncak, hanya ada Widi dan Kimpul yang tukar tempat di peringkat ke-9 dan 10. 

Bagi Widi, peringkat ke-9 yang diperolehnya patut untuk disyukuri karena ini merupakan peringkat terbaiknya musim ini. Sementara untuk Kimpul, turun ke peringkat ke-10 membuat dirinya dalam tren negatif. Manajer asal Klaten tersebut selalu turun posisinya dalam dua pekan terakhir.

Terbenamnya Duo Penghuni Papan Bawah

Mimpi buruk harus dialami oleh Adit dan Efa dalam pertandingan pembuka FPL di bulan November. Keduanya sama-sama mendapatkan poin terendah di pekan ini, yaitu 37 poin.

Menariknya, tidak hanya sama-sama mencetak poin terendah di pekan ini, keduanya juga ternyata memiliki jumlah gelar terendah yang sama sejauh ini, yaitu dua gelar Pencetak Poin Terendah.

Hal itu membuat persaingan merebut gelar Manajer Tercupu di musim ini semakin memanas. Keduanya kini hanya berjarak satu gelar dari Heppy, yang menjadi pencetak Poin Terendah terbanyak sementara ini.


Comments

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah dalam Fantasy Premier League

ISTILAH KETERANGAN - A - ARS Arsenal - B - Bandwagon Mengacu pada keadaan di mana seorang pemain dibeli oleh banyak manajer karena tampil bagus dalam GW sebelumnya. Bargain Pemain dengan potensi FPL bagus, namun harganya murah tergolong untuk kualitasnya. Bavies Ben Davies. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan Tom Davies (Everton). BB Bench Boost. Chip yang bila diaktifkan akan ikut menghitung poin seluruh pemain yang ada di bangku cadangan. Bench fodder Pemain berharga 4.0 atau 4.5 yang dimasukkan dalam tim dengan tujuan memberikan bujet lebih untuk membangun tim. Umumnya pemain ini jarang dipasang sebagai starter atau hanya menjadi cadangan mati di tim. Bench warmer Sama seperti  Bench fodder . BGW Blank Gameweek. Merupakan pekan di mana suatu tim tidak bermain karena mengalami perubah

Penggunaan Fixture Difficulty Ranking untuk Memilih Klub dengan Jadwal Bersahabat di Awal Musim

Memilih pemain dari klub-klub dengan jadwal yang bersahabat bisa menjadi strategi sendiri bagi para manajer dalam memainkan Fantasy Premier League (FPL). Logikanya, pemain-pemain dengan jadwal tanding yang lebih ringan memiliki potensi lebih besar untuk mencetak gol, asis, ataupun clean sheet. Salah satu cara untuk menentukan apakah seorang pemain memiliki jadwal yang bersahabat atau tidak adalah dengan melihat Fixture Difficulty Ranking atau yang biasa disingkat FDR. FDR sendiri merupakan gambaran langsung dari tingkat kesulitan jadwal tanding masing-masing klub. Ini didasarkan pada algoritma kompleks yang menganalisis dan mengombinasikan statistik performa dari masing-masing tim, baik dalam pertandingan kandang maupun tandang. FDR bisa dilihat saat kita membuka layar informasi pemain mana pun dan mengecek jadwal pertandingannya seperti berikut: FDR menggunakan skala 1 hingga 5 untuk menunjukkan tingkat kesulitan, dengan angka 1 sebagai tingkat kesulitan terendah dan 5 sebagai tingk

Permainan Baru FPL: FPL Draft

Menjelang musim 2017/18 bergulir, FPL memperkenalkan sebuah permainan baru selain permainan FPL yang biasa kita mainkan di musim-musim sebelumnya, yaitu FPL Draft . Bagi penggemar MLB, NFL, atau NBA, permainan "draft" ini tentunya bukan hal yang baru karena jenis permainan ini sudah lama digunakan dalam permainan  fantasy cabang-cabang olahraga tersebut. Jadi, apa sebenarnya FPL Draft itu? Bagi teman-teman yang masih asing dengan jenis permainan ini, berikut penjelasannya.