Skip to main content

FPL Makmur Loser Cup 2017

Setelah perhelatannya pada musim lalu banyak menarik perhatian manajer di Liga FPL Makmur, musim ini FPL Makmur Loser Cup akan kembali diselenggarakan!!

Bagi manajer-manajer baru, Loser Cup merupakan turnamen yang berbeda dari turnamen-turnamen pada umumnya. Di sini bukanlah mereka yang mendapatkan poin tertinggi atau terbanyaklah yang menjadi juara, melainkan mereka yang berhasil mendapat poin terendah tiap babaknya yang berhak dimahkotai juara Loser Cup.

Namun berbeda dengan musim lalu, Loser Cup musim ini sedikit memiliki perbedaan dalam hal format turnamen. Adapun format FPL Makmur Loser Cup 2017 sebagai berikut:



Ketentuan Umum

  1. 15 tim dibagi dalam 3 grup secara acak. Pengacakan akan dilakukan dengan menggunakan fasilitas web RandomLists (https://www.randomlists.com/team-generator) pada saat GW 30 berjalan.

  2. Poin minus karena overtransfer TIDAK DIHITUNG. Jadi, hitungan poin yang digunakan untuk membandingkan satu manajer dengan manajer yang lainnya adalah poin kotor (tidak dipangkas poin minus). Contoh: Brian vs Kimpul bertemu pada GW 31. Brian mengumpulkan 60 poin, tapi mendapat (-4) karena overtransfer 2 pemain. Sementara Kimpul mengumpulkan 56 poin dan tidak mendapat poin minus. Keputusan akhirnya adalah Brian yang menang karena poinnya (60) lebih tinggi daripada Kimpul (56), tanpa melihat poin minus yang dimiliki.


Jadwal Pertandingan

  1. Penyisihan Grup: GW 31-35

  2. Playoff: GW 36

  3. Semifinal: GW 37

  4. Final: GW 38


Babak Penyisihan Grup

  1. Kelima tim yang tergabung dalam 1 grup akan bersaing satu sama lain sebanyak 1 kali (tidak menggunakan format home & away).

  2. Tim yang kalah akan memperoleh 3 poin, seri memperoleh 1 poin, dan menang memperoleh 0 poin.

  3. Satu tim dengan poin tertinggi pertama di tiap grup pada akhir Penyisihan Grup akan otomatis lolos ke Semifinal.

  4. Satu tim dengan poin tertinggi kedua di tiap grup pada akhir Penyisihan Grup akan kembali dipertemukan di babak Playoff untuk menentukan siapa yang akan bergabung dengan ketiga tim yang sebelumnya sudah dipastikan lolos ke Semifinal.

  5. Apabila di akhir Penyisihan Grup ada dua atau lebih tim yang memiliki poin klasemen yang sama-sama tertinggi, maka penentuan posisi akan dilihat berdasarkan jumlah poin FPL. Tim dengan jumlah poin FPL yang paling rendah selama Penyisihan Grup berjalan adalah yang lebih diunggulkan.

  6. Apabila poin klasemen dan jumlah poin FPL masih sama, maka penentuan posisi akan dilihat berdasarkan jumlah gol yang dicetak oleh pemain yang dimiliki oleh masing-masing tim selama Penyisihan Grup. Tim dengan jumlah gol pemainnya paling sedikit yang lebih unggul.

  7. Apabila poin klasemen, jumlah poin FPL, dan jumlah gol pemain pun masih tetap sama, mending kedua manajer timnya dijodohkan saja. Mungkin kalian jodoh.


Babak Playoff, Semifinal, dan Final

  1. Babak Playoff, Semifinal, dan Final menggunakan format gugur.

  2. Tim yang lolos ke Semifinal akan diacak kembali menggunakan fasilitas web RandomLists untuk menentukan lawannya masing-masing di Semifinal.

  3. Penentuan siapa yang lolos pada tiap babak ataupun pemenang di Final akan menggunakan jumlah poin FPL.

  4. Apabila jumlah poin FPL sama, maka penentuan siapa yang lolos akan dilihat berdasarkan jumlah gol yang dicetak oleh pemain masing-masing tim pada GW yang bersangkutan.

  5. Apabila masih jumlah poin FPL dan gol masih sama, terpaksa akan dilakukan adu suit secara virtual melalui WhatsApp dengan masing-masing manajer akan mengirimkan suitannya (batu/kertas/gunting) pada salah satu orang yang dianggap sebagai pihak netral (wasit). Nantinya, wasit akan mengumumkan siapa yang menang pada penyelenggara Loser Cup.


Loser Cup.png

Jadi, siapakah yang akan menggantikan Laurensius menjadi juara Loser Cup musim ini? Mari kita saksikan bersama-sama hingga akhir musim!!

Comments

  1. […] ini? Menarik untuk diamati persaingan ketiga manajer ini ke depannya, terutama menjelang ajang Loser Cup yang akan dihelat pekan […]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah dalam Fantasy Premier League

ISTILAH KETERANGAN - A - ARS Arsenal - B - Bandwagon Mengacu pada keadaan di mana seorang pemain dibeli oleh banyak manajer karena tampil bagus dalam GW sebelumnya. Bargain Pemain dengan potensi FPL bagus, namun harganya murah tergolong untuk kualitasnya. Bavies Ben Davies. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan Tom Davies (Everton). BB Bench Boost. Chip yang bila diaktifkan akan ikut menghitung poin seluruh pemain yang ada di bangku cadangan. Bench fodder Pemain berharga 4.0 atau 4.5 yang dimasukkan dalam tim dengan tujuan memberikan bujet lebih untuk membangun tim. Umumnya pemain ini jarang dipasang sebagai starter atau hanya menjadi cadangan mati di tim. Bench warmer Sama seperti  Bench fodder . BGW Blank Gameweek. Merupakan pekan di mana suatu tim tidak bermain karena mengalami perubah

Penggunaan Fixture Difficulty Ranking untuk Memilih Klub dengan Jadwal Bersahabat di Awal Musim

Memilih pemain dari klub-klub dengan jadwal yang bersahabat bisa menjadi strategi sendiri bagi para manajer dalam memainkan Fantasy Premier League (FPL). Logikanya, pemain-pemain dengan jadwal tanding yang lebih ringan memiliki potensi lebih besar untuk mencetak gol, asis, ataupun clean sheet. Salah satu cara untuk menentukan apakah seorang pemain memiliki jadwal yang bersahabat atau tidak adalah dengan melihat Fixture Difficulty Ranking atau yang biasa disingkat FDR. FDR sendiri merupakan gambaran langsung dari tingkat kesulitan jadwal tanding masing-masing klub. Ini didasarkan pada algoritma kompleks yang menganalisis dan mengombinasikan statistik performa dari masing-masing tim, baik dalam pertandingan kandang maupun tandang. FDR bisa dilihat saat kita membuka layar informasi pemain mana pun dan mengecek jadwal pertandingannya seperti berikut: FDR menggunakan skala 1 hingga 5 untuk menunjukkan tingkat kesulitan, dengan angka 1 sebagai tingkat kesulitan terendah dan 5 sebagai tingk

Permainan Baru FPL: FPL Draft

Menjelang musim 2017/18 bergulir, FPL memperkenalkan sebuah permainan baru selain permainan FPL yang biasa kita mainkan di musim-musim sebelumnya, yaitu FPL Draft . Bagi penggemar MLB, NFL, atau NBA, permainan "draft" ini tentunya bukan hal yang baru karena jenis permainan ini sudah lama digunakan dalam permainan  fantasy cabang-cabang olahraga tersebut. Jadi, apa sebenarnya FPL Draft itu? Bagi teman-teman yang masih asing dengan jenis permainan ini, berikut penjelasannya.