Skip to main content

Persiapan Menjelang Blank Gameweek 28

Mumpung masih jauh-jauh hari, ada baiknya para manajer perlu mengetahui bahwa GW 28 besok merupakan blank gameweek seperti yang terjadi pada GW 26 kemarin.

Apa itu blank gameweek?

Blank gameweek sendiri adalah gameweek di mana tidak semua tim bermain di pekan tersebut karena jadwal liga bertabrakan dengan jadwal FA Cup.



Tidak semua tim bermain? Terus siapa yang bermain dan tidak?

Apabila blank GW 26 kemarin hanya terdapat 4 tim yang tidak bermain (Manchester City, Manchester United, Southampton, dan Arsenal), GW 28 besok ini memiliki jumlah tim yang tidak bermain yang lebih banyak, yaitu 12 tim.

Berikut tim-tim yang TIDAK BERMAIN pada GW 28:

  • Arsenal

  • Chelsea

  • Crystal Palace

  • Leicester

  • Manchester City

  • Manchester United

  • Middlesbrough

  • Tottenham

  • Southampton

  • Stoke

  • Sunderland

  • Watford


Tim-tim di atas tidak bermain karena mereka ataupun tim lawan mereka di GW 28 harus bermain di babak perempat final FA Cup.

Sementara, berikut tim-tim yang BERMAIN pada GW 28:

  • Bournemouth

  • Burnley

  • Everton

  • Hull

  • Liverpool

  • Swansea

  • West Brom

  • West Ham


Tim-tim di atas tidak bermain karena baik mereka maupun lawan mereka sudah tersingkir di ajang FA Cup.

Wah kok sithik tenan sing main? Njuk timku piye?

Mengingat hanya sedikit tim yang bermain, maka ada baiknya masing-masing manajer mempertimbangkan masak-masak sebelum melakukan transfer apabila ingin menurunkan skuat yang komplet (starting 11) untuk pekan besok.

Untuk membantu memperkirakan berapa pemain yang dibutuhkan untuk menurunkan skuat komplet, berikut adalah jumlah dan nama-nama pemain milik masing-masing manajer FPL Makmur yang klubnya bermain di GW 28.

GW28.png

Untuk ukuran gambar yang lebih besar, klik http://imgur.com/a/VXk69.

Penting untuk diketahui: 

Jumlah pemain dari klub yang bermain di GW 28 yang dimiliki oleh masing-masing manajer di atas belum tentu menggambarkan jumlah pemain yang bisa diturunkan pada GW 28.

Maksudnya? Kita ambil sebagai contoh Brian. Di tabel tertulis bahwa Brian memiliki 9 pemain dari klub yang bermain di GW 28. Akan tetapi, kenyataannya Brian mungkin hanya bisa menurunkan 7 pemain di GW 28.

Mengapa? Ini karena Foster dan Jakupovic sama-sama kiper, sementara slot kiper yang bisa dimainkan hanya 1. Jadi, Brian hanya bisa menurunkan salah satu dari Foster atau Jakupovic. Nah dari 9 pemain, berkurang 1 menjadi 8 pemain.

Selanjutnya Kingsley. Meski klubnya, Swansea, bermain di GW 28, Kingsley bukanlah pilihan utama di timnya. Jadi, besar kemungkinan dia tidak bermain, alias poinnya 0. Dari 8 kini berkurang lagi menjadi 7 pemain yang "benar-benar" bisa diturunkan di GW 28.

Terus, kalau yang ada tanda persen (misalnya 75%) atau tanda tanya (?) di belakangnya itu apa?

Tanda persen menandakan kondisi kesehatan dan kemungkinan bisa bermain di GW 28 menurut Official FPL.

Sementara tanda tanya (?) menandakan ketidakpastian sang pemain dimainkan di GW 28.

Berikut kabar terakhir pemain-pemain yang dilabeli tanda persen dan tanda tanya:

1. Tom Heaton (8 dari 15 manajer FPL Makmur memilikinya)

Berdasarkan informasi terakhir (6 Maret 2017), Heaton dikabarkan masuk angin (illness) sehingga tidak bermain pada GW 27 ini. Cuaca yang tidak bersahabat di seantero Inggris dalam beberapa pekan terakhir mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Kemungkinan bermain di GW 28: Besar kemungkinan Heaton sudah bisa bermain jika memang alasannya tidak bermain di pekan ini hanya karena "illness".

Kerok.jpg

Dikerok dulu ya mas ton, biar seger terus besok bisa main


2. Matt Phillips (5 dari 15 manajer FPL Makmur memilikinya)

Kabar terakhir dari Ben Dinnery (akun Twitter: @BenDinnery), Phillips masih bergulat dengan cedera hamstringnya yang membuatnya harus absen dalam 2 pertandingan terakhir West Brom.

Phillips.png

Kabar terakhir Phillips setelah starting 11 West Brom diumumkan kemarin


Kemungkinan bermain di GW 28: Masih 50-50, tergantung hasil pemeriksaannya nanti.

3. Stephen Kingsley (2 dari 15 manajer FPL Makmur memilikinya)

Di bawah kepemimpinan manajer baru, Paul Clement, pemain berusia 22 tahun ini terakhir kali masuk skuat utama Swansea pada GW 21 ketika Swansea menjamu Arsenal di Liberty Stadium. Selebihnya, dirinya hanya menjadi penghangat bangku cadangan ataupun tidak terdaftar dalam tim yang dibawa untuk bertanding.

Kingsley.png

Catatan bermain Kingsley dalam beberapa pekan terakhir


Kemungkinan bermain di GW 28: Sepertinya yang sudah disebutkan sebelumnya, besar kemungkinan Kingsley (masih) tidak bermain.

Namun kalau kita berkaca dari kata orang-orang bijak, "Harapan itu selalu ada bagi mereka yang percaya."

Ya, siapa tahu Kingsley bisa "seberuntung" Amat pada pekan ini yang akhirnya bisa bermain lagi setelah absen selama 8 pekan.

Amat.png

Akhirnya Amat main!!....untuk 1 menit


4. Mason Holgate (2 dari 15 manajer FPL Makmur memilikinya)


Holgate merupakan bek dengan bujet murah dari Everton yang sempat menarik minat banyak manajer FPL ketika sering dimainkan oleh Ronald Koeman dalam skema 3-5-2. Tiga (3) kali tidak kebobolan sempat dicatatkannya dalam 4 pertandingan yang dijalani Everton ketika menggunakan formasi 3 bek.


Namun, kisah manis Holgate itu pun perlahan sirna ketika Koeman mulai kembali menggunakan formasi 4 bek dalam beberapa pekan terakhir. Tercatat sudah 3 pekan dirinya tidak dimainkan dalam skuat utama Everton.


Kemungkinan bermain di GW 28: 50-50, tergantung skema berapa bek yang akan digunakan Koeman. Namun mengingat Everton baru saja kebobolan 2 gol saat melawan Tottenham pekan ini, bisa saja Koeman tertarik kembali menggunakan skema 3 bek yang sejauh ini hanya membuat Everton kebobolan 3 gol dalam 6 pertandingan.


Everton.png


Gambaran formasi 3 bek Everton


5. Arouna Kone (Mung Epoy sing nduwe...)

Dengan seringnya Everton menggunakan hanya 1 penyerang murni dalam formasinya, sulit rasanya bagi Kone untuk dimainkan dalam skuat utama atau bahkan duduk di bangku cadangan. Ini dikarenakan dirinya hanya menjadi pilihan ketiga penyerang Everton setelah Romelu Lukaku dan Enner Valencia.


Kemungkinan bermain di GW 28: Sangat kecil.


kone.png


Kone, penyerang nomor punggung 9 Everton yang hanya menjadi pilihan ketiga. Cuma jadi yang kedua aja udah sakit, apalagi ketiga #duh

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istilah-Istilah dalam Fantasy Premier League

ISTILAH KETERANGAN - A - ARS Arsenal - B - Bandwagon Mengacu pada keadaan di mana seorang pemain dibeli oleh banyak manajer karena tampil bagus dalam GW sebelumnya. Bargain Pemain dengan potensi FPL bagus, namun harganya murah tergolong untuk kualitasnya. Bavies Ben Davies. Biasanya digunakan untuk membedakan dengan Tom Davies (Everton). BB Bench Boost. Chip yang bila diaktifkan akan ikut menghitung poin seluruh pemain yang ada di bangku cadangan. Bench fodder Pemain berharga 4.0 atau 4.5 yang dimasukkan dalam tim dengan tujuan memberikan bujet lebih untuk membangun tim. Umumnya pemain ini jarang dipasang sebagai starter atau hanya menjadi cadangan mati di tim. Bench warmer Sama seperti  Bench fodder . BGW Blank Gameweek. Merupakan pekan di mana suatu tim tidak bermain karena mengalami perubah

Penggunaan Fixture Difficulty Ranking untuk Memilih Klub dengan Jadwal Bersahabat di Awal Musim

Memilih pemain dari klub-klub dengan jadwal yang bersahabat bisa menjadi strategi sendiri bagi para manajer dalam memainkan Fantasy Premier League (FPL). Logikanya, pemain-pemain dengan jadwal tanding yang lebih ringan memiliki potensi lebih besar untuk mencetak gol, asis, ataupun clean sheet. Salah satu cara untuk menentukan apakah seorang pemain memiliki jadwal yang bersahabat atau tidak adalah dengan melihat Fixture Difficulty Ranking atau yang biasa disingkat FDR. FDR sendiri merupakan gambaran langsung dari tingkat kesulitan jadwal tanding masing-masing klub. Ini didasarkan pada algoritma kompleks yang menganalisis dan mengombinasikan statistik performa dari masing-masing tim, baik dalam pertandingan kandang maupun tandang. FDR bisa dilihat saat kita membuka layar informasi pemain mana pun dan mengecek jadwal pertandingannya seperti berikut: FDR menggunakan skala 1 hingga 5 untuk menunjukkan tingkat kesulitan, dengan angka 1 sebagai tingkat kesulitan terendah dan 5 sebagai tingk

Permainan Baru FPL: FPL Draft

Menjelang musim 2017/18 bergulir, FPL memperkenalkan sebuah permainan baru selain permainan FPL yang biasa kita mainkan di musim-musim sebelumnya, yaitu FPL Draft . Bagi penggemar MLB, NFL, atau NBA, permainan "draft" ini tentunya bukan hal yang baru karena jenis permainan ini sudah lama digunakan dalam permainan  fantasy cabang-cabang olahraga tersebut. Jadi, apa sebenarnya FPL Draft itu? Bagi teman-teman yang masih asing dengan jenis permainan ini, berikut penjelasannya.